Menjaga Hubungan Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis

0
123

hubungan harmonis, rumah tangga harmonis

Untuk menjaga hubungan rumah tangga agar tetap harmonis itu tidaklah mudah. Sebab dalam rumah tangga akan ada selalu perselisihan, baik karena hal kecil maupun besar. Karena untuk menyatukan dua pikiran yang berbeda, serta sifat dan karakter yang berbeda pula itu sangatlah sulit. Jika tidak ada salah satu yang menurunkan egonya maka perselisihan akan terus terjadi. Untuk menghindari hal tersebut maka alangkah baiknya salah satu dari kita mencoba untuk bersabar dan mengalah. Jika suami tidak dapat mengalah maka pihak istri harus mampu mengalah dan begitupun sebaliknya. Karena pada dasarnya pernikahan merupakan suatu hubungan antara dua pasangan yang dimana saling menyempurnakan satu sama lainnya.

 

Ada beberapa cara untuk menjaga hubungan rumah tangga agar tetap hormonis yaitu diantaranya adalah yang pertama menggunakan bahasa yang baik dan tepat pada pasangan kita. Saat kita ingin menegur pasangan kita atau sedang menasehatinya maka gunakanlah bahasa yang baik dan tepat. Jangan langsung marah dan teriak-teriak kepadanya, karena hal itu dapat menimbulkan emosi pada pasanganmu tersebut. Nasehatilah dengan cara baik bahkan dengan kata-kata yang lembut, yang dimana hal itu justru membuat pasangan kita akan merasa senang dan pasti akan menanggapinya juga dengan cara yang baik. Dan yang harus kamu perhatikan adalah pada saat kamu kesal dengan pasanganmu, maka jangan perlihatkan rasa kesalmu tersebut padanya. Justru buatlah suasana menjadi dingin dan tenang kemudian nasehati dengan kata yang lembut.

 

Lalu cara kedua untuk menjaga hubungan rumah tangga agar tetap harmonis adalah berpikir positif. Usahakan kamu selalu berpikiran positif terhadap pasanganmu. Misalnya jika suami pulang malam, maka kamu sebagai istri jangan langsung berpikiran negatif dan marah begitu saja. Cobalah untuk berpikir positif dan bertanyalah dengan kata-kata yang lembut. Karena hal ini akan mencegah terjadinya keributan dan perselisihan antara pasanganmu. Karena jika kamu tiba-tiba marah dengan pasanganmu tersebut, ini akan menimbulkan perselisihan. Sebab mungkin saja pasanganmu sedang lelah akibat bekerja seharian, lalu melihat sikapmu yang demikan justru menambah emosi dalam dirinya. Sebaiknya dalam keadaan lelah seperti itu seharusnya diberi dukungan agar semangat lagi.

 

Dan yang terakhir menjaga hubungan rumah tangga agar tetap harmonis adalah selalu bersabar dan mengalah. Seperti yang sudah saya bahas diatas, bahwa kunci utama dalam hubungan rumah tangga adalah kesabaran dan sikap yang mau mengalah. Karena biasanya jika sedang terjadi perselisihan antara suami dan istri. Mereka berdua sama-sama menaikkan ego mereka, dan pada akhirnya suasana akan terus panas. Untuk menghindari hal yang demikian, maka salah satu dari pasangan kita harus mau bersabar dan mengalah. Jangan karena benar atau salah lalu sama-sama tidak mau mengalah. Mau itu benar atau salah yang paling penting adalah menjaga hubungan tetap baik yaitu dengan cara meredam amarah. Jika kamu mampu bersabar dan mengalah pada pasanganmu, maka keributan atau perselisihan tidak akan ada pada rumah tangga kalian.

Leave a Reply