Cara Menghemat Biaya Saat Liburan

0
20

pesawat, sunset, liburanB

agi kamu yang merasa jenuh akan rutinitas sehari-hari tentu akan mencari solusi untuk rehat sejenak agar dapat menghilangkan kejenuhan. Salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas seperti berlibur.

Siapapun kamu, baik tua atau muda, pekerja hingga pelajar membutuhkan yang namanya liburan. Terlebih saat mendekati Waktu liburanseperti akhir tahun atau menjelang hari raya keagamaan.

Indonesia sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di dunia, tentu memliki banyak alternatif atau pilihan tempat dan jenis wisata. Ada wisata alam seperti; gunung, pantai, goa, hutan dan ada juga wisata lainnya seperti; tempat bersejarah, taman bermain hingga wisata religi.

Selain pergi ke berbagai tempat wisata,mungkin ada sebagian yang melakukan mudik ke kampung atau mengunjungi kerabat atau teman yang berbeda daerah.

Nah, jika kamu merencanakan liburan pastikan juga disesuaikan dengan kondisi keuangan, kamu juga perlu mengetahui cara menghemat biaya wisata atau liburan. Tentu kamu tidak menginginkan jika sehabis liburan malah tambah pusing gara-gara tabungan menipis karena banyak tagihan.

Cara menghemat biaya untuk wisata atau liburan

 

  1. Bertanya kepada teman atau melakukan riset

Yang pertama tentu lakukan riset terlebih dahulu, kamu bisa tanyakan ke teman yang sudah melakukan liburan atau bisa cari alternatif dengan mencari keterangan terkait destinasi liburan yang akan kamu tuju di internet. Saat ini, banyak jasa daring yang menyediakan segala macam kebutuhan akomodasi liburan yang mudah dan lebih hemat tentunya.

  1. Tiket dan transportasi

Untuk memilih tiket transportasi seperti pesawat tentu akan lebih murah jika kamu dapat memanfaatkan tiket promosi yang sedang ditawarkan. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk berlibur di luar tanggal liburan pada umumnya. Untuk keperluan transportasi darat saat di lokasi wisata kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda saja bila memang jarak menuju tidak terlalu jauh atau bisa naik transportasi umum.

  1. Memilih penginapan

Dalam urusan ini, sebenarnya yang kamu butuhkan hanyalah untuk keperluan mandi dan tidur saja kan? Tentu akan lebih baik jika dalam memilih penginapan dicari yang paling murah dan mudah diakses. Jika hotel terlalu mahal untuk penginapa per malamnya, kamu bisa mempertimbangkan alternatif lain dengan menginap di homestay atau hostel.

  1. Memilih lokasi wisata atau pertunjukan

Kamu bisa memilh lokasi wisata atau pertunjukan yang terbuka untuk umum atau gratis, dan jika memang harus membayar Kamu juga bisa berkompromi dengan turis lainnya agar dihitung sebagai biaya rombongan dan tentunya harganya akan lebih murah.

  1. Prioritaskan apa yang memang akan kamu beli

Seringkali saat liburan, kita tergoda untuk membeli barang barang yang tidak direncanakan untuk dibeli, bahkan tidak kita perlukan. Oleh karena itu kamu harus bisa menahan nafsu belanjamu dan hanya memprioritaskan apa yang sudh kamu rencanakan saja.

Untuk urusan membeli kebutuhan makan, jika ingin memperoleh harga hemat kamu bisa membelinya di warung makan atau jajanan street food yang rasanya juga tidak jauh beda dengan restauran yang mahal. Untuk urusan membeli oleh oleh atau kerajinan khas bisa kamu beli di pasar tradisional agar kantong tidak kering.

 

Nah, itu dia sedikit cara menghemat biaya saat wisata atau liburan, jika kamu punya tips atau informasi lain agar liburan jadi hemat, boleh dibagikan di kolom komentar di bawah.

Leave a Reply