Cara Mengenali Berita Hoax, Tips dari Facebook

0
36

membedakan berita hoax

Facebook minggu ini mengumumkan upaya baru untuk mengatasi penyebaran berita hoax atau berita palsu di jejaring sosial tersebut.

Media sosial yang memiliki logo berwarna biru ini mengatakan bahwa sistemnya sudah semakin baik dalam mengidentifikasi akun palsu, dengan menganalisis beberapa pola aktivitas, seperti pengulangan konten yang sama.

Facebook juga memantau cara user berinteraksi dengan artikel.

Pihak facebook telah menemukan bahwa, jika banyak user yang membaca sebuah artikel namun secara signifikan cenderung tidak membagikannya, itu bisa menjadi pertanda bahwa sebuah artikel atau berita tersebut kurang beres.

Inti dari upaya tersebut adalah membuat sebuah pemberitahuan untuk membantu anggota Facebook menemukan berita palsu. Pada bulan April, Facebook menyematkan sebuah kotak ke bagian atas timeline pengguna, yang diarahkan pada pos untuk menandai berita palsu.

Meskipun kotak itu sekarang telah hilang, Facebook percaya bahwa halaman tersebut adalah sumber penting dalam upaya untuk memberantas berita palsu.
Berikut adalah beberapa tips dari facebook untuk mengenali berita hoax (palsu), agar kita tidak mudah termakan berita yang belum tentu kebenarannya

 

Jadilah Skeptis

Berita palsu sering menjadi headline yang menarik, judulnya terkesan heboh dan menarik perhatian. Jika berita di headline tersebut terdengar luar biasa, maka jangan langsung begitu saja kita percayai.

Lihatlah secara dekat URL

URL palsu atau mirip-mirip mungkin merupakan tanda peringatan akan berita palsu. Banyak situs berita palsu menirukan sumber berita asli dengan membuat perubahan kecil pada URL. Anda bisa pergi ke situs untuk membandingkan URL dengan sumber yang sudah terpercaya. URL ini bisa dilihat di bagian tab browser

Selidiki Sumbernya

Pastikan bahwa berita ditulis oleh sumber yang terpercaya dan mempunyai reputasi serta akurat. Jika ceritanya berasal dari sebuah sumber yang belum kita kenal, periksalah website tersebut dan lihat apakah sumber tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Perhatikan format yang tidak biasa

Banyak situs berita palsu yang sering salah eja (typo) atau tata letak yang canggung dan berantakan. Baca dengan seksama jika kamu melihat tanda-tanda ini.

Perhatikan Foto

Berita palsu sering menampilkan gambar atau video yang dimanipulasi. Terkadang foto itu mungkin asli, namun diambil dari foto lain yang bahkan tidak ada hubungannya dengan berita itu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mencari foto atau gambar tersebut bisa melalui mesin pencari untuk memverifikasi dari mana asalnya dan apakah gambar tersebut memang berhubungan langsung dengan berita tersebut atau hanya untuk memanipulasi berita.

Periksa tanggal

Berita palsu biasanya mengandung tanggal yang tidak masuk akal dan tidak akurat, atau tanggal kejadian yang telah diubah dan dimanipulasi sehingga tidak sesuai dengan kenyataannya. Jadi lihat juga jika ada tanggal yang janggal maka jangan serta merta mempercayainya

Periksa Bukti

Periksa sumber penulis untuk mengonfirmasi bahwa semuanya akurat. Kurangnya bukti atau kepercayaan pada pakar atau ahli yang tidak disebutkan namanya mungkin menunjukkan sebuah berita palsu. Biasnya pembuat berita mengarangnya dan menyamarkan namanya misalnya dalam membuat pernyataan mereka menulis “menurut pakar hukum” tapi tidak disebut siapa pakar hukum tersebut.

Lihatlah Laporan Lain

Jika tidak ada sumber berita lain yang melaporkan berita yang sama, mungkin saja ini menunjukkan bahwa beritanya salah. Jika ceritanya dilaporkan oleh banyak sumber yang Anda percayai, maka kemungkinan besar berita tersebut benar.

Apakah Ceritanya Sebuah Lelucon?

Terkadang berita palsu bisa sulit dibedakan dari humor atau satire. Periksa apakah sumbernya dikenal karena parodi, dan apakah detail dan nada cerita tersebut menyarankannya hanya untuk bersenang-senang.

Nah sebelum kamu mempercayai sebuah berita, pikirkan secara kritis tentang berita yang kamu baca, dan hanya bagikan berita yang bisa dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Leave a Reply