Sering Berdebat dengan Pasangan? Mungkin Kamu Bisa Coba Cara Ini

0
33
debat pasangan
via telegraph.co.uk

Menjalani hubungan memang tak selalu mulus seperti jalan tol, ada kalanya perbedaan pendapat menghampiri.

Berdebat tentang anak-anak, saudara, uang dan seks, sangat wajar jika ada kesalah pahaman dengan pasangan. Tapi jika itu mulai menjadi kebiasaan, hal tersebut bisa mulai menimbulkan konflik yang serius.

Adalah terapi Imago; Sebuah alat super rasional yang dirancang untuk mengajarkan pasangan bagaimana mengekspresikan diri mereka tanpa menimbulkan konflik yang tidak tepat, dilansir dari laporan Refinery 29.

Seperti kebanyakan bentuk terapi pasangan, inti terapi ini adalah untuk membantu kamu berhubungan kembali dengan pasanganmu, dengan tiga langkah logisnya yaitu mirroring”, validasi, dan empati.

Baik kamu sedang menjalani hubungan jangka panjang, baru saja kasmaran dengan seseorang, atau sekadar mencari cara terbaik untuk menghindari konflik dalam kehidupan sehari-hari, Tips dari Imago ini akan sangat membantu.

Jadi, bagaimana cara kerjanya?

Di bawah bimbingan seorang terapis yang benar-benar tidak memihak, suatu pasangan mulai dengan tahap “mirroring” atau pencerminan diri. Di sini, satu orang akan bertindak sebagai ‘pengirim’ dan yang lainnya mengambil peran ‘penerima’.

‘Pengirim’ didorong untuk membicarakan perspektif mereka mengenai masalah apa pun, sementara ‘penerima’ harus mendengarkan dan mengulangi kembali untuk melihat apakah mereka mengerti apa yang sedang dikatakan.

Intinya, tujuannya adalah untuk memiliki percakapan logis tanpa marah atau kesal. Ini semua tentang bagaimana suatu hal keluar dari kepala Anda sendiri dan masuk ke ruang pemahaman yang lebih netral.

Tahap selanjutnya, validasi, adalah tentang memahami dari mana asal pasanganmu dan bagaimana kamu mencintainya , terlepas dari apakah kamu setuju dengan apa yang mereka katakan atau tidak. Kamu hanya perlu mengungkapkan bahwa kamu memvalidasi (bahwa pernyataan tersebut memang dari pasangamu)  perspektif mereka.

Tujuan utama terapi ini dilakukan dengan langkah terakhir yakni empati, adalah masuk ke dunia pasanganmu dan memahami tentang bagaimana pikiran dan perasaan mereka yang mungkin memengaruhi perilaku dalam hubungan kalian.

Ini semua tentang menyatukan pikiran dan perasaan agar kalian berdua bisa lebih saling memahami satu sama lain.

Leave a Reply